Sunday, November 11, 2012

PEMBERIAN MADU PADA BAYI



Kenapa Bayi Tidak Disarankan untuk Mengkonsumsi Madu?
Kapan Anak Anda Diperbolehkan Mengkonsumsi Madu?

Pertanyaan yang sering muncul ketika mulai memberikan makanan pada bayi adalah waktu yang tepat dalam pemberian madu. Madu tidak disarankan untuk bayi usia kurang dari satu tahun.
Berdasarkan saran dari “The American Academy of Pediatrics”, madu sebaiknya tidak diberikan pada bayi kurang dari satu tahun walaupun dicampurkan dalam air, makanan, ataupun formula. Hal ini juga berlaku pada madu yang dibubuhkan pada saat pemasakan.
Banyak orang yang berpikiran madu tidak berbahaya untuk bayi usia kurang satu tahun karena satu dan lain hal. Banyak orang tetap memberikan madu pada bayi kurang dari satu tahun karena tradisi. Disini kita akan membahas tentang fakta madu dan bahayanya bila diberikan pada bayi kurang dari setahun, tetapi tetap kami sarankan untuk berkonsultasi pada dokter anak anda.

Apakah madu mengandung botulism?
Madu bisa mengandung spora botulism yang dapat mengakibatkan keracunan botulism. Di beberapa area seperti AS, terdapat beberapa madu yang mengandung kadar spora botulism tinggi. Hal ini dikarenakan tanah yang mengandung spora botulismdan bunga yang menjadi sumber madu, hidup dan tumbuh di tanah tersebut. Kebanyakan madu dikonsumsi dalam bentuk mentah dan biasanya tidak dipasteurisasi, sterilisasi, ataupun melalui radiasi. Bahkan terkadang madu yang sudah dipasteurisasi dapat mengandung spora/ bakteri botulism dan sebaiknya tidak diberikan pada bayi kurang dari setahun.

Orang dewasa dapat mentoleransi spora botulism dalam jumlah kecil daripada bayi
Pada orang dewasa, jumlah spora botulism yang berasal dari madu dapat diatasi karena system pencernaan orang dewasa sudah matang. Sistem pencernaan orang dewasa memiliki asam yang mampu melawan racun yang diproduksi botulism. Ketika bayi telah mencapai satu tahun, pencernaan mereka telah memproduksi asam secara seimbang yang mampu menghancurkan dan melawan racun yang diproduksi botulism.

Apakah bayi dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung madu?
Spora botulism hanya dapat dibunuh melalui pemanasan yang sangat tinggi pada tekanan tinggi. Racunnya (yang diproduksi secara anaerob) hanya dapat dimusnakan melalu perebusan dengan tekanan tinggi.Jadi secara teknis, madu tidak aman bagi bayi kurang dari setahun walaupun dimasak. Spora botulism tidak dapat dimusnahkan melalui pemasakan yang biasa kita lakukan di rumah tangga.

                                                                         Diambil dari www.wholesomebabyfood.com
                                                                         Diterjemahkan oleh Hersanti Sulistyaningrum, S.Gz

0 comments:

Post a Comment