Thursday, November 8, 2012

DIARE PADA BAYI DAN ANAK


Makanan Yang Dapat Membantu Menghentikan  Diare Pada Bayi

Diare pada bayi sering membuat para orang tua takut terkena dehidrasi dan ruam yang menyakitkan. Pada saat bayi terkena diare, banyak orang tua ingin tahu makanan apa yang dapat meringankan diare.

Apakah Penyebab Diare Pada Bayi?
Anak – anak dapat terserang diare akut maupun kronik. Infeksi dari Rotavirus biasanya penyebab utama diare akut pada anak. Diare yang diakibatkan rotavirus biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-4 hari. Bayi – bayi usia 6-32 mingu bisa mendapatkan imunisasi untuk melawan Rotavirus yang biasanya disebut vaksinasi Rotateq. Berikut adalah beberapa penyebab diare akut :
·         Sensitive terhadap makanan
·         Bakteri
·         Virus
·         Parasit
·         Pengobatan
·         Gangguan fungsi pencernaan

Jika anak anda terkena diare, jangan ragu untuk menghubungi dokter untuk konsultasi. Diare sangat berbahaya terutama pada bayi baru lahir dan bayi usia <1 tahun karena rentan terkena dehidrasi walau hanya sehari ataupun dua hari. Bayi bisa saja meninggal karena dehidrasi. Penanganan utama pada bayi dan anak – anak adalah rehidrasi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang secara cepat.

Makanan Apa yang Perlu Diberikan Pada Bayi / Anak Diare?
Berikan makanan dalam porsi kecil ketika bayi/anak anda diare. Hal ini akan membantu system pencernaan bekerja secara perlahan. Sistem pencernaan yang masih mungil dan rapuh membutuhkan waktu untuk kembali bekerja seperti semula. Jangan khawatir, system pencernaan anak anda akan kembali normal dalam waktu 3-4 hari, penyembuhan butuh waktu.
Ingat BRAT untuk anak diare
·         B : Banana (pisang)
·         R : Rice (nasi)
·         A : Apple sauce (saus apel)
·         T : Toast (roti bakar)
Makanan yang terbuat dari bahan BRAT akan membantu mengeraskan tinja anak. Makanan – makanan ini mengandung serealia dan beberapa buah, contohnya
1.       Pisang
2.       Nasi
3.       Roti bakar
4.       Pasta
5.       Kentang
6.       Yogurt
7.       Saus apel

Makanan – Makanan yang Perlu Dihindari Ketika Diare


  • Semua makanan yang mengandung susu (kecuali yogurt karena yogurt mengandung bakteri baik, tetapi tetap konsultasikan pada dokter spesialis anak anda untuk penggunaannya)
  • Buah – buahan yang diawali dengan huruf P seperti pear, peach, prune, plum, apricot dan buah – buahan yang dapat membantu BAB
  • Makanan – makanan tinggi serat.

Telah disebutkan Saus apel dapat mengurangi diare. Saus apel berbeda dengan Jus apel. Pada saus apel, ampas lebih banyak sedangkan pada jus apel lebih banyak sari buah / airnya.
Saus apel banyak mengandung pectin yang dapat mengeraskan tinja sehingga tidak disarankan pada bayi / anak yang sedang konstipasi / sembelit.
Jus apel mengandung lebih banyak gula dan baik untuk bayi / anak yang mengalami konstipasi/ sembelit.

Ditulis oleh Maggie Meade
Diterjemahkan oleh Hersanti Sulistyaningrum, S.Gz

0 comments:

Post a Comment